7 Cara Jitu Usir Maling Dari Rumah Idaman

Rumah tak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, melainkan juga tempat penyimpanan barang berharga. Karena itu, keamanan lingkungan juga perlu menjadi aspek pertimbangan sebelum memutuskan tempat tinggal. Bahkan meski tempat tinggal yang Anda pilih tampaknya aman, tetap jangan sampai lengah. Kriminalitas seperti pencurian terjadi bukan hanya karena niat tapi juga kesempatan.


Berikut adalah beberapa cara agar rumah terhindari dari maling:

1. Pastikan mengunci pintu dan jendela

Pintu dan jendela harus dipastikan selalu terkunci sebelum tidur dan sebelum pergi meninggalkan rumah. Maling terkadang melakukan aksinya secara spontan dengan masuk dan mengambil barang berharga lewat pintu atau jendela yang ditinggal dalam keadaan tidak terkunci oleh pemilik rumah.

2. Memasang gembok tambahan

Kunci silinder standar cenderung mudah dibobol maling. Pasanglah gembok tambahan di pintu-pintu rumah Anda. Meski ini tidak sepenuhnya menjamin rumah terbebas dari maling, namun dapat mempersulit maling karena mereka butuh usaha dan waktu ekstra untuk membobol rumah Anda.

3. Minimalisir pandangan

Jika rumah Anda tak diberi pagar, setidaknya minimalisir pandangan dari luar ke bagian dalam rumah. Hal ini penting agar para oknum maling yang mungkin berkeliaran dekat rumah Anda kesulitan melihat keberadaan barang-barang berharga di dalam rumah Anda.

Menutup gorden di siang hari dapat menghalangi cahaya alami dari luar dan membuat rumah tidak nyaman. Siasatilah dengan vitrase sehingga gorden utama tetap bisa dibuka di siang hari dan pandangan dari luar dapat diminimalisir.

4. Tempatkan tanaman berduri di bawah jendela

Ya, memasang pagar memang cukup menguras isi kantong. Salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah menempatkan tanaman berduri atau bersemak di bawah jendela-jendela. Hal ini cukup bagus untuk menyulitkan akses maling yang mencoba menerobos lewat jendela untuk masuk ke dalam rumah Anda.

5. Memasang alarm kendaraan

Selain gadget dan perhiasan, barang lain yang biasanya menjadi target para maling adalah kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor. Ada baiknya pasanglah alarm kendaraan untuk meminimalisir risiko kendaraan Anda dibawa lari maling. Alarm akan berbunyi ketika ada orang yang memaksa untuk mengoperasikan kendaraan Anda. Bunyinya yang keras cukup efektif untuk mengejutkan maling dan tetangga sekitar pun akan mengetahui itu sebagai “sinyal” ada yang tidak beres.

6. Investasi CCTV

Jika Anda punya uang lebih, berinvestasilah CCTV. Tidak harus banyak tapi pasanglah kamera CCTV di titik dengan jangkauan pandang yang luas. Sudut pintu gerbang misalnya. Dengan adanya CCTV, maling juga akan enggan untuk menerobos masuk rumah Anda. Kalau sampai terjadi kasus kemalingan, rekaman CCTV membantu polisi dalam menelusuri identitas pelaku. Ditambah teknologi CCTV semakin canggih. Anda dapat melihat hasil rekaman kamera di mana saja lewat gadget. Sehingga memudahkan Anda mengawasi keadaan rumah ketika ditinggal pergi jauh.

7. Minta bantuan tetangga

Terkadang maling mengintai rumah targetnya sejak jauh-jauh hari. Mereka melakukan aksinya ketika pemilik rumah bepergian jauh. Tak hanya itu, maling juga dapat menilai kosong tidaknya sebuah rumah dari kondisi fisiknya. Rumah yang terlihat “terbengkalai” membuat penghuni dengan mudahnya berasumsi bahwa rumah tersebut tidak berpenghuni. Jika Anda berencana meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama, buatlah kesan rumah selalu berpenghuni.

Mintalah bantuan tetangga dekat Anda untuk menyalakan dan mematikan lampu setiap hari. Juga mengamankan paket atau dokumen yang dikirim ke alamat rumah Anda. Termasuk pula membantu mengawasi keamanan rumah ketika ditinggal pergi.