Minimalisir Racun Rokok di Dalam Rumah dengan Tanaman Hias

Banyak orang berpikir udara di dalam rumah lebih bagus daripada udara di luar ruangan. Padahal udara rumah juga tak lepas dari kontaminan udara seperti asap rokok. Terlebih jika ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok. Sudah jadi rahasia umum bahwa asap rokok dapat membahayakan kesehatan. Di dalamnya terdapat banyak bahan kimia berbahaya seperti tar, karbonmonoksida, formaldehida, dan benzene yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit serius bahkan mematikan mulai dari tekanan darah tinggi, kemandulan hingga kanker paru-paru.


Untuk mengurangi risiko bahaya dari asap rokok yang mencemari udara di rumah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling mudah adalah menempatkan tanaman hias di sudut-sudut rumah Anda. Tanaman umumnya dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Tapi beberapa tanaman secara spesifik diyakini dapat membantu membersihkan udara di rumah dari asap rokok.

Lidah buaya

Lidah buaya tak hanya bermanfaat sebagai bahan alami untuk merawat kulit, juga dapat membantu membersihkan “racun” udara di dalam rumah yang berasal dari asap rokok dan cairan pembersih rumah tangga berbasis kimia. Bahkan ketahanan lidah buaya juga dapat menunjukkan tingkat polusi udara. Munculnya bintik-bintik cokelat pada permukaan daun lidah buaya mengindikasikan kualitas udara rumah yang terbilang buruk.

Alasan lain yang membuat Anda perlu menempatkan lidah buaya di dalam rumah adalah perawatannya yang mudah. Yang penting Anda perlu memastikan pot lidah buaya Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Peace lily

Lily memang cantik untuk dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Secara spesifik, peace lily khususnya, dikenal bagus untuk mengurangi racun udara yang dibawa asap rokok. Satu buah pot berisikan peace lily dewasa dapat membantu membersihkan udara untuk ruangan berukuran 10 meter persegi. Supaya awet, peace lily sebaiknya ditempatkan di area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Tapi secara berkala, Anda perlu menyiram dan menempatkannya di luar ruangan supaya mendapatkan sinar matahari langsung selama beberapa jam.

Lidah mertua

Dalam setiap helai daunnya, lidah mertua memiliki bahan aktif pregnane glikosid. Bahan ini dapat membantu mengubah racun di udara menjadi gula, asam organik, dan asam amino. Sehingga bagus untuk membersihkan udara di dalam rumah dari bahan kimia yang berbahaya dalam asap rokok seperti , benzene, nikotin, formaldehida, dan karbonmonoksida.

Untuk Anda yang sibuk, jangan khawatir karena lidah mertua dapat tumbuh dengan baik meski tidak banyak mendapat sinar matahari langsung. Daunnya yang tebal memungkinkan tanaman ini mampu menahan banyak air sehingga memiiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kekeringan. Namun sesekali Anda tetap perlu menyiram dan menempatkannya di area yang terkena cahaya matahari.